Pembangunan berkelanjutan atau SDGs menjadi tujuan utama dalam rangka menghindari, mengatasi, dan beradaptasi dengan perubahan dan krisis iklim.
Komunikasi bagi perusahaan sangat penting seperti darah bagi tubuh manusia, yang mengirimkan pesan ke seluruh bagian perusahaan dan menjadi penghubung antara stakeholder internal dan stakeholder eksternal dalam rangka menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan secara jangka Panjang
Sejatinya program CSR perusahaan dapat mengakomodir dua kepentingan dan ekspektasi yang berbeda secara bersamaan yaitu kepentingan
Sumberdaya Manusia (SDM) merupakan salah satu aset utama yang menjadi kunci bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan ke depan
Strategi Komunikasi Stakeholder
KEBERLANJUTAN

Pembangunan berkelanjutan atau SDGs menjadi tujuan utama dalam rangka menghindari, mengatasi, dan beradaptasi dengan perubahan dan krisis iklim. Perubahan iklim sangat dipengaruhi oleh meningkatnya volume emisi GRK yang dihasilkan dari kegiatan manusia dan memberikan dampak signifikan pada hilangnya keanekaragaman hayati, kelangkaan air bersih, bencana alam, mengancam Kesehatan, kelangkaan pangan, panas ekstrem, suhu laut meningkat dan Tingkat keasaman laut meningkat. Oleh karenanya Pembangunan penting dilakukan secara seimbang antara faktor ekonomi dan berkomitmen pada keberlanjutan.
Dalam mendukung Pembangunan berkelanjutan dan mencapai NZE 2060, Interdev Group memiliki produk dan layanan untuk membantu perusahaan (klien) kinerja keberlanjutannya, dengan rincian produk dan layanan sebagai berikut:
- Pendampingan pengurusan SPE-GRK
Penyusunan DRAM dan LCAM
Memfasilitasi pengurusan SPE-GRK - Pendampingan PROPER Hijau dan Emas
Review dan Desain PROPER Hijau dan Emas
Pendampingan Penyusunan Dokumen PROPER Hijau termasuk di dalamnya penyusunan DRKPL (Dokumen Ringkasan Kinerja Pengelolaan Lingkungan) dan penyusunan kajian benchmarking
Pendampingan pemenuhan kriteria PROPER Emas - Kajian dan pengurusan perijinan lingkungan
Amdal, UKL-UPL, Persetujuan Teknis BMAL, Persetujuan Teknis Emisi, Rincian Teknis Penyimpanan Limbah B3, dan DPLH/DELH - Assesment dan Monitoring KEHATI
- Roadmap ESG
- Laporan Berkelanjutan/Sustainability Report
MANAJEMEN DAN STRATEGI KOMUNIKASI STAKEHOLDER

Komunikasi bagi perusahaan sangat penting seperti darah bagi tubuh manusia, yang mengirimkan pesan ke seluruh bagian perusahaan dan menjadi penghubung antara stakeholder internal dan stakeholder eksternal dalam rangka menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan secara jangka Panjang. Komunikasi perlu dikelola dengan baik dan disusun strategi yang tepat dalam rangka untuk membangun hubungan yang positif dengan semua stakeholder guna mendukung kelancaran operasi perusahaan dan tercapainya tujuan perusahaan.
Strategi Komunikasi Perusahaan merupakan strategi perusahaan dalam menyampaikan komunikasi strategisnya kepada para stakeholder untuk mempengaruhi stakeholder, biasanya komunikasi strategis merupakan komunikasi yang selaras dengan strategi perusahaan. Strategi komunikasi perusahaan terdiri dari menetapkan strategi organisasi yang efektif, menganalisis konstituen atau stakeholder, menyampaikan pesan secara efektif, dan Respon stakeholder.
Dalam rangka memperkuat strategi komunikasi perusahaan terhadap stakeholdernya, Interdev Group memiliki produk dan layanan sebagai berikut :
- Manajemen Stakeholder
1.1 Perencanaan Manajemen Stakeholder:
– Pemetaan dan Analisis Stakeholder
– Database profil stakeholder
1.2 Pelaksanaan Manajemen Stakeholder:
– Penyusunan panduan dan SOP komunikasi stakeholder
1.3 Evaluasi Manajemen Stakeholder:
– Studi persepsi stakeholder
– Studi SLO Index - Strategi Komunikasi Perusahaan
2.1 Manajemen komunikasi eksternal:
– Desain strategi komunikasi corporate
– Pengukuran keberhasilan strategi komunikasi/ audit komunikasi
– Strategi manajemen krisis
Metode dan teknik manajemen krisis
MANAJEMEN DAN STRATEGI CSR

Sejatinya program CSR perusahaan dapat mengakomodir dua kepentingan dan ekspektasi yang berbeda secara bersamaan yaitu kepentingan dan ekspektasi stakeholder terutama yang terdampak dari operasi perusahaan serta kepentingan dan ekspektasi perusahaan yang bertumpu pada pencapaian tujuan Sustainability Development Goals (SDGs). Untuk mengakomodir dua hal tersebut program sosial perusahaan (CSR) harus diintegrasikan dengan strategi bisnis perusahaan ke depan. Sehingga menuntut pengelolaan program CSR harus disusun dan dirancang secara terukur agar mudah diukur ketercapaiannya dan kontribusinya terhadap strategi perusahaan.
Dalam rangka mendukung perusahaan (klien) dalam menyusun strategi CSR yang inline dengan strategi perusahaan, Interdev Group memiliki produk dan layanan sebagai berikut :
- Strategi CSR
- Penyusunan Rencana Strategis/Blueprint CSR yang terintegrasi dengan strategi perusahaan
- Pemetaan Sosial yang mengacu ISO 26000 SR, PROPER, dan SDGs
- Pendampingan program CSR
- Penyusunan panduan dan SOP Pengelolaan Program CSR
- Database program CSR berbasis IT
- Sistem Manajemen Risiko dan Konflik Sosial
- Identifikasi dan social risk profile
- Analisis risiko sosial berdasarkan ISO 31000 Risk Management
- Penyusunan rencana strategi program dan teknik pengelolaan risiko sosial berdasarkan ISO 31000
- Risk Management
- Penyusunan panduan, SOP, dan tools sistem manajemen risiko sosial
- Manajemen konflik sosial dan lingkungan
- Monitoring dan Evaluasi Program Berbasis Aplikasi
- Penyusunan perencanaan monev yang diintegrasikan dengan perencanaan program
- Develop aplikasi monev program
- Penyusunan panduan dan SOP implementasi monev program
- Social Return on Investment (SROI)
- SROI Forecaseting
- SROI Evaluating
TRAINING dan MICE

Sumberdaya Manusia (SDM) merupakan salah satu aset utama yang menjadi kunci bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan ke depan, kualitas dan kapasitas SDM akan sangat menentukan kemampuan perusahaan dalam beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Interdev sebagai perusahaan yang consern terhadap manajemen CSR, stakeholder, dan lingkungan memiliki komitmen membantu perusahaan untuk meningkatkan kapasitas SDM perusahaan dalam bidang manajemen CSR, manajemen stakeholder, dan manajemen lingkungan.
Produk peningkatan kapasitas SDM yang ditawarkan oleh Interdev melingkupi dua hal yaitu public training yang diselenggarakan secara reguler dan inhouse training yang penyelenggaraan dan tema pelatihannya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
1. Training
- Public training dengan tema CSR, ESG, PROPER, SDGs, Green Economy, Stakeholder Engagement, Komunikasi, LCA, Sustainability, Nilai Ekonomi Karbon, Sirkular Ekonomi, Manajemen Lingkungan.
- Inhouse training yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, menghadirkan tenaga ahli terbaik, dan berbasis sustainable management
2. MICE
MICE (meeting, incentives, conferences, and exhibitions) yang terdiri dari corporate event, event media relation, share/stakeholder meeting, team building/outbond, corporate trip, eco nature event program, pres conference, company annual meeting, exhibition, product/program launching, Incentive